Rabu, 20 April 2016

[Beautypedia] Perkembangan Makeup Melalui Sejarah Perempuan dari Masa Ke Masa

PERKEMBANGAN MAKEUP MELALUI SEJARAH PEREMPUAN DARI MASA KE MASA

04 Aug 2015 16:15 BY: CELLINI KAMIL
20s
ENTOURAGE:
Jika sebelumnya perempuan “baik-baik” tidak tersentuh makeup, pada tahun 20an mereka mulai concern mengaplikasikan kosmetik yang ditujukan sebagai reaksi terhadap attitude dan gaya ala era Victoria sebelum perang yang cenderungsubdued dan feminin yang identik dengan gadis Gibson yang klasik.
THE LOOK:
Era ini identik dengan image Louise Brooks yang populer lewat film bisu yang dibintanginya. Karakter penampilannya pun sangat unik, ditandai dengan cupid’s bow yang terdefinisi, riasan mata yang terkesan misty, dan blunt fringe. Lipstickbernuansa warna pekat juga menjadi signature untuk mengekspresikan diri.
Louise Brooks

30s
ENTOURAGE:
Kejenuhan melanda setelah selama sepuluh tahun sebelumnya perempuan berlomba tampil maksimal dan mempercantik diri.
THE LOOK:
Tulang pipi yang terpahat indah, riasan mata bare, plus lipstick bernuansa orange-red. Untuk menegaskan sentuhan modern, rambut yang ditata dengan begitu softdan tousled menjadi opsi sempurna.
Greta Garbo

40s
ENTOURAGE:
Perang yang terjadi hampir di semua dataran Eropa berdampak pada perubahan gaya hidup, tak terkecuali dalam cara berdandan. Beberapa hal yang aneh pun menghilang. Tidak ada hair clips, curlers, maupun safety pins.
THE LOOK:
Manifestasi dramatis melalui eyeliner yang diguratkan tebal dan clean base pada kulit wajah. Agar fokus perhatian hanya tertuju pada area mata, alis dibentuk sedemikian slight. Interpretasi berbeda di era ini hadir lewat tampilan yang lebih natural ala para istri Stepford – kulit wajah yang terlihat lembut dengan pink blushyang cantik, dan cat eye yang subtle.
Ingrid Bergman

50s
ENTOURAGE:
GlamoraMA haute couture yang ditampilkan di perfilman Hollywood mengintervensi dunia kosmetik. Ikon kecantikan pasca-perang seperti Marilyn Monroe yang seksi pun dijadikan kiblat gaya.
THE LOOK:
Mask effect merupakan DNA di dekade ini. Cream selalu menjadi “the in thing”dalam foundation dan eyeshadow. Alis mata tetap terkesan natural, namun lebihtapered dan feminin. Sebagai penyempurna total look, palet warna pink yang hadir dalam bentuk blush on ataupun lipstick.
Marilyn Monroe

60s
ENTOURAGE:
Revolusi kaum muda terhadap kemapanan dan keanggunan era sebelumnya ditunjukkan lewat kebebasan dalam mengekspresikan diri.
THE LOOK:
Bangkitkan gambaran sempurna Jean Shrimpton dengan menambahkan sedikitvolume pada rambut bagian atas. Beri kesan yang berlebihan dari doe-eyed looklewat aplikasi bulu mata palsu dan sapuan maskara yang agak tebal pada bulu mata atas dan bawah.
Twiggy

70s
ENTOURAGE:
Di dekade ini, makeup menjadi lebih toned down dan simple, dikarenakan perang Vietnam dan Korea yang membuat kaum muda berkelana mencari kedamaian ke negeri-negeri eksotis dan memilih gaya hidup kembali ke alam.
THE LOOK:
Jane Birkin menjadi ikon dari dekade ini. Choppy fringe dan potongan rambut pendek yang membingkai wajah merupakan kunci dalam membentuk tampilan yang natural. BBcream juga faktor yang tak kalah pentingnya.
Jane Birkin


80s
ENTOURAGE:
Perempuan mulai mendeklarasikan emansipaasinya dengan menduduki jabatan penting. Peningkatan level kehidupan memicu gaya hidup hedonis dan melahirkan generasi baby boomers yang menjadi kelompok kaya baru.
THE LOOK:
Gaya rambut side part yang bervolume sangat digemari di era kitsch, karena mampu menyempurnakan bentuk wajah apapun. Meskipun riasan mata dan bibir terbilang bold, balansi menjadi satu hal penting yang tidak boleh disepelekan. Teknik contouring yang subtle dengan sapuan bronzer membawa beauty look ke level yang berbeda.
Brooke Shield

90s
ENTOURAGE:
Perang Teluk menjatuhkan perekonomian dunia. Banyak label fashion yang juga populer di industri kecantikan setuju untuk mendeklarasikan gaya minimalis. Generasi X yang identik dengan kecuekan dan kesantaiannya mendominasi.
THE LOOK:
Beauty look di periode ini berhubungan dengan segala sesuatu yang healthy dan atletik. Kombinasikan blush bernuansa warna peach untuk menciptakan tampilanflush yang natural sekaligus kecantikan yang generik.
Winona Ryder

2000s
ENTOURAGE:
Budaya pop yang dimotori globalisasi semakin menjamur, ditambah dengan kemunculan para selebritis di atas karpet merah sebagai role model-nya.
THE LOOK:
Momen berharga bagi makeup berwarna metalik pastel. Tinggal tambahkan tampilan bibir merah jambu yang lembut dengan mengaplikasikan natural coloured gloss.
Chloë Sevigny

2010s
ENTOURAGE:
Real people yang diwakili oleh sederet child stars ataupun keturunan selebriti menginvasi industri kecantikan.
THE LOOK:
Rambut bergaya soft tousled mendapatkan tempat istimewa di dekade milenium. Alis yang dibentuk dengan sangat terdefinisi dan bibir berwarna pink pekat juga booming di kalangan elit fashion masa ini. Cukup pastikan kulit terkesan warm dengan membubuhkan sedikit bronzer pada bagian atas dahi, tulang alis serta garis rahang.
Georgia May Jagger

Tidak ada komentar:

Posting Komentar